NUR AL-QUR'AN VISI NURSYIFA'

 

Nur Al-Qur'an : 01 - 02 - 03 - 04 - 05 - 06 - 07 - 08 - 09 - 10 - 11

           Nur Al Qur’an

VISI NURSYIFA'


Mukjizat :   

Pengobatan Canggih Teknologi al Qur'an, Terjamin pasti Sembuhnya ! Menggunakan Teknologi al-Qur'an yang diatas pemikiran normal. adalah sebagai penawar dan rahmat untuk orang-orang mukmin. " Dan kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman " ( Al Israa: 82 ).

Sebagian ahli Tafsir berpendapat,  yang dimaksud dengan " Asy-Syifa " adalah pertama : Syifa Ma'nawi yaitu obat penyakit bathin, seperti penyakit hati berupa syirik, dengki dan sebagainya atau penyakit karena gangguan jin dan syetan (Sakit Rohani -Non Medis). Kedua :  Syifa Hissi yaitu obat penyakit fisik (Sakit Medis).

 Membaca Al Fatihah untuk memohon kepada Allah kesembuhan dari penyakit Fisik dan Bathin, karena surat Al-Fatihah adalah surat yang terbesar dan mencakup didalamnya semua isi kandungan Al-Qur'an berupa Aqidah, Syariah dan Hakiqah. " Al-Fatihah Kitab adalah obat dari segala racun (penyakit) " ( HR.Baihaqi ). " Alhamdulillahi Robbil 'Aalamiin adalah Sab'ul Matsani ( Tujuh ayat pujian ) yang diulang-ulang dan Al-Qur'an (surat) ini terbesar yang telah diturunkan kepada-Ku" ( HR.Bukhari ).

Allah menurunkan 100 Shuhuf dan 4 kitab, jadi berjumlah 104 kitab. Semua itu disempurnakan dalam kitab Al-Qur'an dan semua isi kitab Al-Qur'an tersimpul dalam surat Al-Fatihah.

Surat Al-Fatihah tersimpul dalam Basmalah dan Basmalah tersimpul dalam huruf  " Ba " yaitu singkatan dari lafadz " Bas " artinya sudah sempurna yaitu Al-Qur'an diawali dengan huruf  " Ba " maksudnya adalah " Bismillahirrohmaanrrohiim " dan diakhiri dengan huruf  " Sin " maksudnya adalah huruf akhir dari surat An-Nas, jadi semua kitab yang Allah turunkan ke dunia ini sudah sempurna.

Kemudian huruf " Ba " tersimpul dalam titiknya ( Nuqthah ) yang artinya menurut pandangan kaum sufi adalah satu titik tujuan yaitu " Allah  ".   


SURAT AL-FATIHAH

( QS. 1 : 1 s/d 7 )

1.       Bismil-laahir-rahmaanir-rahiim

2.       Allhamdu lil-laahi rab-bil'aalamin

3.       Ar-rahmaanir-rahiim

4.       Maaliki yaumid-diin

5.       Iy-yaaka na'budu wa iy-yaaka nasta'iin

6.       Ihdinash-shiraathal mustaqiim

7.       Shiraathal-ladziina an'amta alaihim ghairil maghdhuubi alaihim waladh dhaal-liin

-------------------------------

1. Dengan menyebut nama Allah YangMaha Pemurah lagi Maha Penyayang.

2. Segala Puji bagi Allah TuhanSemesta Alam.

3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

4. Yang menguasai hari Pembalasan.

5. Hanya kepada Engkaulah kamimenyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus

7. ( Yaitu ) Jalan orang-orang yangtelah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan ( jalan ) mereka yangdimurkai dan bukan ( pula jalan ) mereka yang sesat.

QS. Al Fatihah : LIHAT HALAMAN BERIKUTNYA ( Hal-2 ) Sound >>>


1. Arti Basmalah.

a. Arti secara Harfiyyah ( Bahasa ).

Basmalah adalah sebutan / nama singkat dari lafaz : "Bismillahir rohmaanir rohiim" yang artinya : "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

b. Arti secara Tafsir ( Rinci ).

            Arti Basmalah secara Tafsir sebagai berikut :

" Dengan" maksudnya memulai sesuatu yang penting dalam agama dengan membaca Basmalah.

" Nama" mempunyai dua arti tinggi dan tanda.

" Allah " nama yang mencakup Zat , Sifat dan Af'al-Nya .contoh : apabila seorang yang sedang sakit menyebut : " Ya Allah " maka secara otomatis menyebut sifatNya juga yaitu " Ya Syaafi " yang artinya yang Maha " Penyembuh " dan sebagainya.

" Pengasih " mengasihi semua hamba-Nya yang Mukmin dan yang Kafir tanpa kecuali hanya didunia.

" Penyayang " menyayangi hanya kepada hamba-Nya yang beriman diakhirat.  


2. Kedudukan Basmalah.

1. Untuk memulai sesuatu pekerjaan.

" Setiap sesuatu pekerjaan yang tidak dimulai dengan Basmalah adalah terputus " (HR.Ibnu Hibban). Maksudnya, setiap pekerjaan yang tidak dimulai dengan membaca Basmalah maka kurang mendapat berkah.

Tidak semua pekerjaan diawali dengan Basmalah ada beberapa pengecualian seperti:pekerjaan yang makruh contohnya merokok, pekerjaan yang haram contohnya berzina, pekerjaan yang kotor contohnya membersihkan kotoran, pekerjaan yang sudah ditentukan oleh syariat contoh membaca Syahadat untuk orang yang Kafir masuk Islam, pekerjaan yang tidak pernah dimulai dengan Basmalah contoh bacaan dalam Shalat kecuali Al fatihah dan awal surat.

2. Syarat terkabulnya doa.

Sabda Nabi : " Tidak diterima doa yang tidak diawali oleh Basmalah "     

3. Syarat diterimanya bacaan Al Fatihah didalam shalat pada Mazhab Syafi'i.

4. Syarat diterimanya penyembelihan hewan bagi orang yang kafir. ( QS.Al Maidah:5 ).


3. Hukum membaca Basmalah.

Lafadz Basmalah secara lengkap didalam Al-Qur'an ada pada dua tempat ada dalam surat An-Naml : 30 dan ada pada tiap-tiap awal surat kecuali surat Al Baroah (Attaubah) karena surat ini lebih banyak menceritakan tentang peperangan jadi tidak sesuai diawali dengan Basmalah yang terkandung sifat Rahman dan  Rahim Allah.

 Semua ulama dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa Basmalah dalam QS. An-Naml:30 adalah lafadz dari Al-Qur'an dan membaca Basmalah pada tiap-tiap awal surat selain surat Al Fatihah dah surat Al Baroah adalah sunah sedangkan Basmalah yang ada pada surat Al Fatihah mereka berbeda pendapat :

- Hanafiyah dan Hanabilah : Membaca Basmalah pada awal Al fatihah adalah sunah karena Basmalah bukan termasuk ayat dari surat Al fatihah.

- Syafiiyah : Membaca Basmalah pada awal Al fatihah wajib karena Basmalah adalah termasuk ayat dari surat Al fatihah.

- Malikiyah : Membaca Basmalah dalam shalat fardhu hukumnya makruh, jika shalat sunah boleh membaca Basmalah dalam Al fatihah.

Membaca Basmalah pada surat Al Baroah hukumnya Makruh pendapat lain mengatakan haram.

Basmalah yang ada pada awalsurat selain surat Al Fatihah dan surat Al Baroah adalah sebagai pemisah saja antara tiap-tiapsurat. 


4. Faedah dan Kelebihan Basmalah .

 1. " Yang pertama ditulis Qalam adalah Basmalah , maka apabila kamu menulis sesuatu maka tulislah Basmalah pada awalnya karena Basmalah tertulis pada pembukaan tiap-tiap wahyu yang Allah turunkan kepada Jibril " .

2. " Basmalah untuk-Mu dan umat-Mu, suruhlah mereka bila memohon sesuatu dengan Basmalah Aku tidak akan meninggalkannya sekejap matapun sejak Basmalah diturunkan kepada Adam ". (Hadits Qudsi)

3. " Tatkala Basmalah diturunkan kedunia , maka semua awan berlarian kearah Barat, angin terdiam, air laut bergejolak ombak, mendengarkan seluruh binatang dan terlempar semua syaitan " .

4. " Demi Allah dan keagungan-Nya, tidaklah Basmalah itu dibacakan pada orang sakit melainkan menjadi obat untuknya dan tidaklah Basmalah dibacakan diatas sesuatu  melainkan Allah beri berkah atasnya " .

5. " Barangsiapa yang ingin hidup bahagia dan mati syahid , maka bacalah Basmalah setiap memulai sesuatu ".

6. " Jumlah huruf dalam Basmalah , ada 19 huruf dan Malaikat penjaga neraka ada 19 " (QS.AL Muddatsir:30). Ibnu Mas'ud berkata: " Siapa yang ingin Allah selamatkan dari 19 malaikat neraka maka bacalah Basmalah 19 kali setiap hari " .

7. " Tiap huruf Basmalah, ada JUNNAH (penjaga / khadam) hingga tiap huruf berkata: " Siapa yang membaca Basmalah maka kamilah kekuatannya dan kamilah kehebatannya " .

8. " Tidaklah orang yang memuliakan yang ada dunia ini tertulis Basmalah melainkan Allah telah mengutus malaikat yang meliputi dengan sayapnya dan seorang Wali dari beberapa wali untuk mengangkat derajatnya".

9. "Barangsiapa yang memuliakan tulisan Basmalah niscaya Allah angkat namanya pada syurga yang sangat tinggi dan diampuni segala dosa kedua orang tuanya dengan berkahnya".

10. "Barangsiapa yang membaca Basmalah maka bertasbih segala gunung kepadanya manusia tidak mendengar bacaan tasbihnya".

11. "Allah menurunkan kitab dari langit ke-bumi sebanyak 104 kitab: 60 kitab diturunkan kepada Nabi Tsis, 30 kitab diturunkan kepada Nabi Ibrahim, 10 kitab dan Taurat diturunkan kepada Nabi Musa, Zabur diturunkan kepada Nabi Daud, Injil diturunkan kepada Nabi Isa dan Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Semua kitab yang Allah turunkan tersimpul dalam Al Qur'an, Al Qur'an tersimpul dalam surat Al Fatihah, Al Fatihah tersimpul dalam Basmalah, Basmalah tersimpul dalam huruf  "Ba"nya yang artinya " Ilshoq / menempel" inti dari segala sesuatu adalah menempel seorang hamba dengan Tuhannya dan huruf Ba' tersimpul dalam titiknya yang maksudnya menurut orang Sufi : " Saya adalah titik zat yang maha ada yang bersumber dari saya tiap-tiap yang ada".


5. Uraian kata-kata dalam Basmalah 

1. Huruf " Ba "

Huruf "Ba" pada Basmalah yang dibaca "Bi" didalam tata bahasa Arab dinamakan huruf Jar  / khofadh yang mempunyai Ta'alluk (hubungan) dengan kata tersirat sebelumnya.Huruf Ba Jar / khofadh pada kalimat Basmalah mempunyai dua arti tersirat :

- Arti Mushahabah (Beserta): jika kita membaca Basmalah maka secara otomatis tersirat arti pekerjaan yang kita lakukan disertai oleh Basmalah.

- Arti Istianah (Mohon pertolongan): jika kita membaca Basmalah maka secara otomatis tersirat arti mohon pertolongan kepada Allah dengan perantara Basmalah dalam pekerjaan yang kita kerjakan.

Menurut uraian Hikmah huruf Ba dalam Basmalah adalah singkatan dari kata-kata tersebut ini :

- Ba singkatan dari kata " Bir " artinya kebaikan Basmalah beserta ruh-ruh manusia dengan Ilham kenabian dan kerasulan atau artinya kebaikan basmalah untuk orang Arifin.

- Ba singkatan dari kata " Baqa " artinya kekal Allah dan Al Qur'an.

Huruf Ba adalah huruf yang pertama kali diucapkan oleh manusia keturunan Adam seperti dalam (QS.Al A'raf :171). Ketika manusia diperintahkan bersaksi oleh Allah : " Bukankah Aku adalah Tuhan kamu " . Maka mereka menjawab : " Balaa " artinya " Ya kami bersaksi "

2. Kata " Isim "

            Kata Isim jika dihubungkan dengan huruf Ba maka dibaca " Bismi " seperti dalam (QS.Al Alaq:1) dan (QS.Hud:41). Kata Isim berasal dari kata " Sumuw " artinya " tinggi " , nama untuk yang Maha Tinggi Allah atau berasal dari kata "Wasam" artinya tanda/ciri, nama sebagai tanda/ciri ketuhanan Allah, karena kata Isim khusus untuk sebutan zat Allah tidak pada sifatnya .

            Dalam uraian Hikmah kata Isim mempunyai tiga uraian:

1. Isim singkatan dari kata " Sir " artinya rahasia Basmalah dan " Mim " singkatan dari kata " Muntaha " artinya " akhir dari perjalanan orang yang Arif " .

2. Isim singkatan dari kata " Salamah " artinya " keselamatan " dan " Mim " singkatan dari kata " Mahabbah " artinya " kecintaan " .

3. Isim singkatan dari kata " Sina " artinya " kebaikan " dan " Mim " singkatan dari kata " Malk " artinya " kerajaan Allah "

3. Lafadz " Allah "

Lafadz Allah berasal dari kata " Al-ilah " yang artinya " Tuhan " , setelah dibuang huruf Hamzahnya dan di-Idgomkan huruf Lamnya maka kata " Al-ilah " menjadi lafadz " Allah " yang artinya Tuhan yang berhak disembah dan mempunyai sifat sempurna Maha Suci Allah dari segala sekutunya dan sifat kekurangan.

Lafadz Allah adalah nama zat yang sangat agung mencakup segala Asmaul Husna dan sifat-sifat maha tinggi lain-Nya.Ibnu Abbas berkata : "Allah dipertuhankan oleh segala sesuatu dan disembah oleh semua makhluk. Allah mempunyai segala sifat ketuhanan dan sifat Ubudiyyah atas semua makhlukNya " Sifat ketuhanan dan sifat Ubudiyyah adalah peribadatan sedangkan Tuhan adalah yang berhak disembah. " Allah adalah disembah dan Dia tidak menyembah".

Nabi Isa diserahkan Al-kitab oleh Ibunya Siti Maryam agar dipelajarinya, maka berkata seorang guru kepada Nabi Isa : "Tulislah lafadz Basmalah", kemudian Nabi Isa bertanya kembali : "Apakah engkau tahu siapa itu Allah? "Beliau menjawab sendiri : "Allah adalah Tuhan dari segala Tuhan". Allah adalah lafadz yang mulia dan istimewa dengan nama ini terciptanya lagit dan bumi, diturunkannya kitab-kitab,  diutusnya para rasul, terjadinya hari Qiamat, adanya timbangan amal (Mizan), adanya jembatan (Shirat), syurga dan neraka, disanjung dan disembah oleh semua makhluk dan terciptanya segala yang ada.

Allah mempunyai tiga nama :

1. Isim Zat yaitu sebutan zat ketuhanan seperti lafaz " Allah "

2. Isim Sifat yaitu sebutan sifat-sifat Allah

3. Isim Af'al yaitu sebutan segala kelakuan Allah

4. Isim Tanjih yaitu sebutan segala yang mustahil pada Allah

4. Sifat Rahman dan Rahim

Sifat Rahman yang artinya " pengasih dan sifat Rahim yang artinya " penyayang " . Al Azrami berkata: "Sifat Rahman untuk semua makhluk dan sifat Rahim khusus untuk orang yang beriman". Sifat Rahman hurufnya ada 5 sedangkan sifat Rahim hurufnya ada 4 ,jadi sifat Rahman lebih luas lingkupnya untuk semua makhluk dari pada sifat Rahim khusus untuk orang yang beriman. Di dalam kaidah tata bahasa Arab "Setiap kata yang hurufnya lebih banyak mempunyai pengertian yang lebih banyak pula dan setiap kata yang sedikit hurufnya mempunyai pengertian yang sedikit pula". Nabi bersabda: "Bahwasannya Isa bin Maryam berkata: "Sifat Rahman adalah untuk di dunia dan akhirat dan sifat Rahim hanya untuk diakhirat saja".

Berdasarkan Hadits diatas Rahman Allah dapat dirasakan dan didapatkan oleh semua manusia baik yang beriman ataupun yang kafir tergantung usaha dan kesungguhan mereka dalam mencapai RahmanNya, tidak menutup kemungkinan orang kafir yang usahanya sungguh-sungguh kehidupannya lebih baik dari pada orang yang beriman yang usahanya kurang giat. Karena Allah tidak menyalahi janji semua makhluk yang ada didunia dapat merasakan dan mendapatkan RahmanNya. Tetapi sifat Rahim Allah hanya untuk orang yang beriman diakhirat tanpa kecuali.

Nabi bersabda: " Rahmat-Ku " (sifat Rahman) mendahulukan murka-Ku". Maksudnya:untuk umat Nabi Muhammad apabila berbuat kesalahan atau dosa tidak langsung disiksa didunia karena ada sifat Rahman Allah berdasarkan Hadits diatas. Allah menunggu umat Nabi Muhammad yang berbuat dosa untuk bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat ,jika mereka tidak bertaubat maka Allah tunda siksanya diakhirat, tetapi dalam Hadits lain ada dosa yang langsung disiksa didunia seperti dosa durhaka kepada orang tua, memutuskan siraturahmi, mengingkari nikmat Tuhan. Lain halnya dengan umat Nabi-Nabi terdahulu apabila mereka berbuat dosa maka Allah langsung menurunkan azab didunia, seperti umat Nabi Nuh yang diturunkan Air Bah karena tidak mau beriman kepada ajaran Nabi Nuh.

Sifat Rahman melahirkan sifat-sifat tertentu lainnya seperti: Ihsan (Bagus), Jud (Kasihan), Bir (Kebaikan), Minnah (Karunia), Ro'fah (kasih sayang), Lathif (Lembut) dan sebagainya. Semua sifat ini lebih khusus dari sifat Rahman dan semua terkandung didalamnya. Sifat Rahman ada kalanya menjadi sifat yang berdiri pada Zat dan ada kalanya menjadi nama Allah yang ada pada zat, seperti didalam (QS.Thoha:5).

BERSAMBUNG.....

Pengobatan CanggihTeknologi al Qur'an, Terjamin Pasti Sembuhnya >>>


Terapi NurSyifa’

" Berdasarkan Al Qur'an & As Sunnah "

Ceritamengenai mendapat upah dalam penyembuhan dengan menggunakan Al-Qur'an, darisebuah hadits:

" Suatuketika para sahabat Nabi datang pada suatu perkampungan, dimana salah seorangpenduduknya ada yang sedang sakit terkena gigitan ular berbisa. Maka salahseorang sahabat Nabi kemudian mengobatinya dengan membacakannya Al-Fatihah. Dansebagai upahnya dia menerima 30 ekor kambing.

Sahabat yang mengobati bernama Abu Sa'id al-Kurdi. Ketika ia membawakambing-kambing itu, para sahabat yang lainnya tidak menyukainya. "Engkaumengambil upah dari membaca kitab Allah," kata mereka. Ketika sampai di Madinah,mereka melaporkan kepada Rosulullah. Beliau bersabda, "Tidakkah engkaumengetahui bahwa Al-Fatihah itu obat? Bagikan dan berikan sebagian untukku".

Berdasarkan pada hadits tersebut diperbolehkan untuk menerima upah atas apa yangtelah dilakukan, buktinya Rosulullah tidak melarang Abu Sa'id, bahkan memintabagian. Tentu saja dalam batas kewajaran dan keikhlasan dari yang memberikan.


Do'a - Usaha - Iman - Taqwa pada Allah SWT.

Tingkatkan Ibadah Dengan Berzikir

 

Untuk Akses Lebih Cepat WWW.NURSYIFA.NET

 

 

 

^ Alternatif Pengobatan Terapi Nur Syifa' by Haji Mohammad Bambang Irawan S.
Copyright © 2007-2012 [ PT Supra Abadisentosa ]. All rights reserved.
Revised/disempurnakan:06 June 2012 22:03 .